Webinar Social Media PIP PKS Sedunia

0
509

Korea Selatan (19/03) – PIP (Pusat Informasi dan Pelayanan) PKS Korea Selatan telah menyelenggarakan sebuah webinar Workshop Sosmed “Social Media Strategic for Election” dibawakan oleh Bang Aji Teguh Prihatno, S.T., M.Sc. selaku ketua PIP PKS Korea Selatan. Pesertanya pun berasal dari beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Malaysia, United Kingdom, dll.

Di zaman sekarang, sosial media sangat berperan penting dalam kehidupan manusia karena dengan sosial media kita bisa mengetahui sesuatu hal yang sedang viral hanya dalam waktu sekejap. Di webinar kali ini juga membahas tentang bedanya penggunaan Facebook, Instagram, dan Tiktok untuk penggunaan kampanye. Karena ditiap aplikasi mempunyai ciri khas masing-masing. Selain itu juga ada teknik dalam marketingnya.

Di era sekarang media sosial ikut andil dalam membranding calon Presiden mendatang (Pemilu 2024), bahkan menurut jurnal P. LAVANY et. al. “Social media is not just about frivolous ‘likes’ and ‘posts’. There are people who are helping enhance discussions. For future elections, the medium will be the heavily-invested area for a political party. (Media sosial bukan hanya tentang ‘suka’ dan ‘ postingan’ yang sembrono. Ada orang yang membantu untuk meningkatkan diskusi. Untuk pemilu mendatang, media akan menjadi area yang banyak diinvestasikan untuk sebuah partai politik. [P. LAVANY et. al.]”.

Berdasarkan survei dari KEPIOS jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia per Februari 2022 mencapai 191,4 juta jiwa atau 68,9% dari total penduduk Indonesia 277,7 juta jiwa. Masya Allah jumlah yang sangat besar sekali. Dan waktu rata-rata dalam penggunaan harian mobile phone mencapai 5 jam 25 menit menempati peringkat kedua di dunia setelah Brazil.

Selain itu dalam penggunaan aplikasi chatting Whatsapp Indonesia menempati urutan pertama di dunia dalam penggunaan rata-rata dalam sebulan mencapai 31,4 jam. Jadi kebayang enggak tuh apabila Indonesia bisa mandiri dalam berbagai aspek dan tentunya mendapat dukungan dari pemerintah pusat dan rakyatnya?. So Yeorobun, ajak bestie-bestie kalian untuk support brand lokal dan beri kritik serta saran untuk kemajuan brand lokal.

Di akhir materi webinar, Bang Aji Teguh, yang juga seorang data scientist di Pusan National University, membawakan materi social media yang dipadukan dengan teknologi Artificial Intelligence untuk mem-profiling user media sosial. Waah… keren banget gaess!. Tunggu event kami selanjutnya bestie.

Tim Humas PIP PKS Korea Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here